Jumat, 30 Maret 2018

Tips Kulit Cantik dan Sehat Dari Daun Binahong Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tips Kulit Cantik dan Sehat Dari Daun Binahong Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan - Binahong dengan nama ilmiah Anredera Cardifolia atau yang bernama latin Rubra Linn dan dalam bahasa Inggris disebut Heart Leaf Maderavine Madevine merupakan tanaman yang konon berasal dari Korea, namun di Indonesia sendiri juga sudah ada sejak dahulu kala dan dikenal dengan nama Gendola. Daun binahong akhir-akhir ini banyak dibicarakan di Indonesia karena mempunyai banyak kegunaan mengobati berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan atau penyakit berat seperti diabetes, darah rendah, batuk disertai muntah darah, paru-paru berlubang serta masih banyak penyakit lainnya yang mampu disembuhkan dengan mengkonsumsi tanaman obat tersebut. 

Pada waktu jaman dahulu tanaman binahong tersebut juga telah dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam selama perang melawan Amerika sekitar tahun 1950 sampai 1970 –an. Tanaman tersebut juga telah dikenal dikalangan Cina sebagai Dheng San Chi dan oleh orang-orang Cina, Korea, Taiwan sudah dikonsumsi serta dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak ribuan tahun yang lalu.

Tips Kulit Cantik dan Sehat Dari Daun Binahong Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kandungan Daun Binahong

Kandungan yang terdapat dalam daun binahong adalah merupakan berbagai kandungan senyawa kimia, seperti : minyak atsiri, saponin, polifenol yang cukup tinggi, asam olenolik. Senyawa-senyawa tersebut diketahui mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan yaitu sebagai zat anti-oksidan dan pemicu imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Tanaman binahong adalah tanaman merambat seperti halnya tanaman sirih, dan biasanya tumbuhnya merambat pada batang pohon lain. Kegunaan daun binahong ini juga sudah dirasakan banyak orang seperti soejiyo, seorang mantan karyawan konindotex yang biasa pulang-pergi dari solo-Semarang untuk bekerja setiap hari. Diakuinya bahwa, binahong adalah tanaman obat herbal yang mampu mengembalikan staminanya yang loyo akibat perjalanan untuk bekerja. Selain mampu meningkatkan vitalitas pria, Ia juga mengatakan bahwa binahong ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit dalam maupun luar seperti setelah operasi, gastritis, tifus, wasir, kolitis, mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah serta mempercepat pemulihan kondisi yang lemah setelah sakit.

Sebenarnya, tidak hanya bagian daunnya saja yang bisa digunakan untuk ramuan kesehatan. Namun, bagian batang serta umbi binahong tersebut juga sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat Daun Binahong

Binahong bila ingin digunakan untuk mengobati penyakit dalam, cara penggunaanya adalah sebagai berikut : Ambil bagian akar atau rimpang secukupnya, dicuci bersih, setelah itu direbus lalu disaring untuk diambil airnya, air hasil rebusan tersebut diminum 2 atau 3 kali sehari. Ramuan ini bisa menyembuhkan penyakit maag, tifus, disentri dan menambah kebugaran fisik, dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bisa ditambahkan telur dan madu. Selain itu, ramuan tersebut bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat, sakit pinggang dan mencegah stroke. Namun, bagian umbi binahong ini bisa juga dikeringkan dan ditumbuk halus, setelah itu dimasukan dalam wadah kapsul 0,5 mh yang bisa dibeli diapotik untuk diminum 3 kali setiap hari.

Daun binahong bila ingin digunakan untuk mengobati penyakit dibagian luar, biasanya cara penggunaannya dengan memanfaatkan daun serta batangnya yang kemudian ditumbuk halus. Setelah itu dioleskan pada bagian tubuh luar seperti : memar akibat terbentur, terkena luka bakar, pegal linu, reumatik, nyeri otot, luka akibat terkena benda tajam seperti pisau, sabit serta bisa digunakan untuk menghaluskan kulit.

Fungsi daun binahong bisa mempercepat penyembuhan luka karena adanya kandungan zat anti-mikroba didalam daun binahong tersebut yang bekerja sangat efektif dalam mencegah infeksi pada pasien dengan luka yang dideritanya, seperti luka goresan dan luka bakar. Kandungan lainya adalah senyawa kimia asam askorbat yang berfungsi mempercepat penutupan luka luar maupun mencegah infeksi dari luka tersebut.

Daun Binahong Untuk Kecantikan

Dari daun binahong juga bisa digunakan untuk memelihara kesehatan serta kecantikan wajah anda, yaitu dengan menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah dan cara penggunaanya sangat mudah. Caranya, tumbuk 5 atau 7 daun kemudian gunakan sebagai masker wajah, lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur, agar hasilnya lebih efektif lagi Anda dapat merebus 7 sampai 11 daun binahong, kemudian air rebusan tersebut diminum setiap hari dengan ditambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit.

Batang binahong bisa untuk mengatasi kelemahan laki-laki, bagian yang digunakan adalah getahnya. Cara lainnya bisa juga dengan merebusnya dicampur dengan kencur, cara penggunaanya yaitu ambil batang tanaman binahong lalu ditambah beberapa ruas jari kencur dan bersihkan, sebelum direbus kencur sedikit dipukul-pukul dahulu sehingga agak hancur, kemudian rebus sampai mendidih bersama 3 gelas air dan tunggu hingga airnya tersisa kira-kira menjadi 1 gelas. Minum ramuan tersebut setiap malam, dan Anda akan merasakan khasiatnya setelah minum rutin selama seminggu.

Umbi binahong direbus bersama jahe dan daun sirih dengan perbandingan ganjil : 7, 9 , 11 bisa digunakan untuk menyembuhkan jantung bengkak, diabetes, kerusakan ginjal, pembengkakan hati serta penyakit radang usus besar.



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kegunaan serta khasiat dari binahong tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit , baik penyakit dalam maupun penyakit luar, bisa dengan direbus maupun secara langsung seperti ditumbuk.